Investasi

Investasi, bisnisharian – Selamat siang, selamat datang di website resmi bisnisharian.com. Seperti biasa kami akan memberikan informasi terbaru dan terupdate seputar bisnis hari ini. Dengan menyuguhkan informasi yang fresh dan konten yang menarik tentunya. Gimana perkembangan bisnis kamu saat ini? Butuh informasi lebih mengenai apa saja yang sedang menjadi topik di dunia bisnis. Kalian berada di website yang tepat. Bisnisharian.com akan memberi kalian asupan informasi paling terbaru seputar bisnis hari ini. Untuk itu ikutin terus artikelnya.

Investasi merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis yang merupakan solusi bisnis jangka panjang. Investasi merupakan suatu yang sangat menarik dan juga banyak perkembangannya setiap hari. Dalam dunia bisnis investasi akan terus berubah dan berkembang seiring dengan banyak nya kemajuan dari dunia bisnis itu sendiri

Pada kesempatan kali ini bisnisharian.com akan memberikan informasi seputar investasi terkini yang sedang ramai diperbincangkan dengan berbagai sumber yang bisa kalian ambil informasinya.

MPF bicara soal investasi, banyak startup masuk radar

investasi merah putih fund

Investasi, bisnisharian.com – Modal ventura milik BUMN yaitu merah putih fund (MPF), menganalisis beberapa startup potensial yang akan menerima pendaan sebagai salah satu bentuk investasi mereka terhadap sektor startup ini. Sejak diresmikan secara umum pada september 2023, gabungan dari 5 perusahaan potensial ini terus menahan diri untuk melakukan investasi ke berbagai sektor. Hingga saat ini memegang dana sekitar Rp 4.5 triliun yang dimiliki orang MPF.

Menurut salah satu ekskutif dari MPF Eddi Danusaputro mengatakan MPF saat ini masih berada di tahap perundingan internal dan akan membahas lebih jauh mengenai projek dan juga melakukan uji tuntas lainnya terhadap beberapa perusahaan startup yang direncanakan akan mereka lakukan investasi.

Sebagai perusahaan teknologi potensial yang memiliki kerjasama dengan beberapa BUMN besar lainnya tentu MPF sangat berhati hati dalam membuat keputusan mengenai investasi. Karena selain memerlukan pendapat dari para pemilik perusahaan teknologi lainnya. kondisi pasar teknologi sekarang sedang dalam kondisi penurunan atau sedang dalam musim dingin teknologi.

Terdapat beberapa perusahaan startup yang sedang ditinjau lebih lanjut. Ada 4 perusahaan yang sedang dianalisi dengan melibatkan berbagai pihak internal maupun eksternal dari perusahaan untuk mendapatkan keputusan yang baik sehingga proses investasi nantinya bisa dilakukan dengan tepat dan tidak salah sasaran.

Analisa dan keputusan yang baik menentukan pendanaan terhadap suatu perusahaan

Eddi juga mengatakan kondisi tech winter yang sekarang sedang melanda seluruh sektor yang terjadi dalam waktu panjang. Menjadi perhatian MPF yang sangat serius sehingga MPF akan lebih selektif dalam penyaluraan dana investasinya.

Berdasarkan pada laporan tracxn, platform riset pasar teknologi yang berbasis SaaS, Menyebutkan bahwa pendanaan perusahaan rintisan teknologi di indonesia sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 64% secara tahunan. Apabila dibandingkan dengan paruh pertama tahun 2023.

Informasi lebih rincinya, pendanaan tahap awal mengalami penurunan 42% , sedangkan pendanaan pada tahap tengah turun 42% . Pendanaan tahap akhir mengalami penurunan signifikan sebesar 92%. Dan berkat pengamatan dan analisa yang luar biasa MPF belum terlibat sama sekali dalam pendaan tersebut.

Sebagai tambahan, pada September 2023. MPF memberitahukan bahwa dana maksimal yang mereka gelontorkan untuk sebuah perusahaan rintisan tidak lebih dari 10% dari total dana kelolaan yang mereka miliki atau hanya sekitar Rp 457 miliar. Meskipun demikian Eddi menjelaskan bahwa angka maksimal tersebut tidak selalu menjadi patokan yang pasti dan bisa saja akan berubah sewaktu waktu.

Sasaran yang tepat serta investasi yang baik terhadap startup di indonesia

Eddi juga menjelaskan sasaran utama pendanaan investasi mereka juga sangat didominasi oleh startup yang berada di satu bidang yang sama. Selain itu berbagai pertimbangan dan proses panjang juga menjadi fokus MPF dalam menyalurkan pendanaannya seperti selaku pemilik dari startup merupakan orang indonesia yang juga fokus pasarannya ada di indonesia. Selaras dengan tujuan utama awal MPF adalah dari Indonesia dan untuk Indonesia.

Selanjutnya, eksekutif MPF Eddi juga berpendapat bahwa sebuah perusahaan rintisan yang mereka incar juga harus memiliki rencana untuk exit atau IPO di Indonesia. Namun Eddi juga tidak membatasi apabila sebuah perusahaan tersebut mempunyai rencana IPO di negara lain. Hal ini akan tergantung dari nilai pasar masing masing perusahaan rintisan tersebut.

Lebih lanjut Eddi juga mengungkapkan bahwa kedepannya MPF mungkin juga akan menjurus ke sektor lain yang lebih luas dan tidak hanya terpaku dengan satu sektor saja. Sektor lainnya yang mungkin di lirik diantaranya adalah sektor fintech, logistik, dan lain sebagainya.

BKPM: Investasi RI tembus Rp 829 triliun, dan mampu menyerap 1.2 juta tenaga kerja

investasi BKPM

Investasi, bisnisharian.com – Kementerian investasi badan koordinasi penanaman modal (BKPM) melalui bahlil lahadalia dalam konferensi pers realisasi investasi kuartal II 2024 yang berlangsung di jakarta. Melaporkan total besaran pendanaan investasi yang berhasil masuk ke Indonesia sepanjang semester I 2024 mencapai Rp 829 Triliun.

Dengan besaran angka tersebut pun turut menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Tenaga kerja yang berhasil di serap melalui pendanaan investasi tersebut mencapai 1.2 juta orang. Sebagai tambahan bahlil menjelaskan bahwa pada semester I besaran investasi yang masuk ke Indonesia tersebut tumbuh sebesar 22.3%. Kemudian penyerapan tenaga kerjanya juga cukup mendapatkan angka yang menjanjikan sebesar 1.2 juta orang. Serta target yang sebelumnya ditetapkan yaitu sebesar Rp 1.650 triliun artinya kita saat ini dalam kuartal pertama tahun 2024 sudah berhasil mencapai target sebesar 50.3 persen. Imbuhnya.

Lebih rincinya adalah Penanaman modal asing (PMA) menjadi sektor yang berkontribusi paling besar. Dengan totalan realisasi pendanaan investasi pada sepanjang semester I 2024 mencapai Rp 421 triliun. Sementara itu untuk Penanaman modal dalam negeri (PMDN) juga memberikan kontribusi pendanaan investasi yang tidak kalah dari PMA yaitu sebesar Rp 408 triliun.

Baca Juga : informasi bisnisharian

Lengkapnya lagi , PMDN mendapatkan angka penyerapan tenang kerja sebanyak 738.000 orang sepanjang kuartal pertama ini. Sedangkan PMA berhasil menyerap hanya 486.000 orang tenaga kerja. Sehingga jika ditotalkan hasil dari realisasi pendanaan investasi yang masuk ke indonesia pada tahap semester pertama 2024. Berhasil menyerap 1.2 juta tenang kerja.

Berdasarkan data terbaru ini terjadi peningkatan dalam dua sektor penting tersebut. Baik dari segi pendanaan investasi maupun segi penyerapan tenaga kerja. Apabila dibandingan dengan periode yang sama dalam semester I pada tahun 2023 yang lalu. Peningkatan yang positif berhasil dicapai dan diyakini akan terus mampu bertumbuh pada kuartal kedua ini. BKPM optimis berbagai program yang dijalankan pemerintahan sekarang. Akan mampu mendatangkan lebih banyak lagi pendaan investasi untuk masuk ke indonesia pada kuartal ke II 2024.

Berikut adalah rangkuman dari informasi bisnisharian.com yang memberikan informasi seputar investasi yang ramai di indonesia saat ini. Dengan berbagai perkembangan investasi yang terus bergulir setiap harinya. Diharapkan investasi yang masuk ke indonesia akan mampu bergerak positif ke depannya.